Sabtu, 14 November 2009

Tips Memilih Sunblock

Kenapa sunblock itu penting?
Dalam kehidupan kita sehari-hari, tak bisa dipungkiri kalau kita memang membutuhkan sinar matahari. Tanpa adanya sinar matahari, rasanya kehidupan di muka bumi ini tidak akan bisa berjalan. Tapi, tahukah anda di balik segala keuntungan yang diberikan sinar matahari, seperti pembentukan vitamin D, sinar matahari juga merupakan musuh utama bagi kulit kita. Seperti membuat kulit kita menjadi kering, kusam, keriput, dan menjadi hitam, bahkan yang lebih parah bisa menimbulkan kanker kulit.
Meski pada dasarnya kulit manusia sudah mengandung pigmen oleh melanin juga jadi perlindungan bagi tubuh. Tapi, kalau hanya mengandalkan pigmen melanin yang ada dalam tubuh kita rasanya kurang cukup.
Salah satu cara untuk bisa melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari yang jahat adalah dengan cara menggunakan tabir surya (sunblock). Apalagi buat anda yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan. Dengan memakai sunblock, setidaknya kita telah melindungi kulit dari sengatan matahari.

Cara Memilih Sunblock

Sebelum memutuskan untuk memilih sunblock, perhatikanlah hal-hal berikut:

1. Pilihlah sunblock yang mencantumkakn tanda PABA free (zat yang bisa mencoklatkan kulit), karena PABA dapat membuat kulit iritasi, dan sensitif terhadap matahari.
2. Pilih Sunblock yang minimal mengandung SPF30 (zat pelindung sinar matahari), jangan kurang dari itu.
3. Baca terlebih dulu bahan-bahan yang terkandung di dalamnya serta cara kerjanya. Jika nahan tersebut mengandung titanium atau sinamat berarti aman.

Cara Memakai Sunblock yang Tepat

1. Bersihkan wajah dengan pembersih yang ringan agar kulit tidak teriritasi.
2. Setelah kulit kering, aplikasikan sunblock pada kulit anda. Baik di daerah pipi, lengan, punggung atau daerah lainnya yang anda anggap sering atau akan terkena sinar matahari ketika anda melakukan kegiatan. Lakukan 20-30 menit sebelum kulit anda terkena sinar matahari.
3. Kalau hendak melakukan kegiatan yang memungkinkan anda berada di luar ruangan, sebaiknya sunblock yang anda aplikasikan jangan terlalu tipis. Pakailah lebih tebal dari biasanya.

Sumber : Majalah Kartini

0 komentar:

Posting Komentar